--> Skip to main content

Penjelasan Lengkap Norton Ghost Serta Kekurangan dan Kelebihan Tiap Versinya

Norton Ghost adalah membackup data secara penuh untuk memudahkan dalam suatu pekerjaan. Jika sekiranya data atau file asli bermasalah, maka anda masih punya cadangan data. Santai dan gak ribet jika kehilangan data yang sangat dibutuhkan. Terlebih file keuangan kantor atau data pribadi yang perlu perhatian lebih untuk dilindungi.

Norton Ghost Komputer

Norton ghost adalah software untuk menciptakan atau membuat sesuatu benda menjadi sama dengan yang aslinya dengan cara mengambil salah satu bagian tertentu dari yang aslinya, Norton ghostkomputer merupakan suatu solusi atau cara instalasi Microsoft Windows ke beberapa komputer dengan cepat dan lebih mudah dari pada kita harus menginstal ulang di setiap komputer satu persatu. Instal Windows XP Profesional Service Pack 3 dan beberapa perangkat lunak yang lain hanya satu komputer saja, dan yang lainnya akan terisi sama dengan satu komputer tersebut, tetapi untuk proses Norton ghostcomputer ini, spesifikasi dari semua komputer tersebut harus sama, mulai dari type dan brand mainboardnya sampai landcardnya harus sama.  

Pengenalan Norton Ghost  Komputer

Norton Ghost Komputer sampai saat ini masih jarang sekali dipakai oleh perusahaan yang di dalamnya terdapat suatu jaringan komputer. Norton ghostkomputer menggunakan suatu perangkat lunak yaitu Symantec Norton Ghost, saat ini Symantec Norton Ghost banyak sekali tipenya mulai dari Norton Ghost V 7 yang cara pengoperasiannya masih menggunakan layar DOS sampai versi 2003 yang pengopersaiannya atau create imagenya sudah menggunakan metode Windows tanpa melalui DOS.
Baca juga : Cara Membuat MultiBoot dengan WinSetupFromUSB Terbaru
Kegunaan atau fungsi dari Norton ghost komputer ini adalah selain lebih menghemat waktu saat kita menginstallasi suatu microsoft windows ke dalam beberapa komputer. Dengan menggunakan metode atau cara Norton ghostkomputer ini dapat dikatakan lebih cepat dan menghemat waktu, karena saat kita ingin menginstalasi satu Windows ke dalam satu komputer saja memerlukan waktu yang lama.
Selain itu jika satu komputer terkena Virus, komputer tersebut harus di instal ulang, supaya virus tersebut bisa hilang dari komputer. Semua tidak perlu memerlukan banyak waktu atau bersusah payah untuk menginstal Windows. Beberapa perangkat lunak pendukung yang diperlukan dan beberapa driver dari komputer tersebut, cukup dengan menarik suatu Image yang telah di buat dan mengcloningkannya ke komputer yang terkena virus tersebut dengan software Norton Ghost. Perusahaan maupun lembaga pendidikan dan instansi pemerintahan tidak perlu memerlukan banyak waktu saat menginstal windows cukup dengan beberapa menit saja. 

Fungsi Norton Ghost

Norton Ghost menyediakan fungsi backup dan restore dengan mudah. Dengan bantuan Hiren’s Boot CD, kita bisa melakukan proses backup dan restore instalasi Sistem Operasi kita dengan mudah, praktis dan cepat. Menggunakan Norton Ghost jauh lebih cepat dari pada jika kita harus menginstall Windows dari awal, berikut program yang kita gunakan.

Macam Versi Norton ghost Serata penjelasan lengkapnya

1. Ghost 3.1

Versi pertama Ghost hanya mendukung kloning seluruh disk.Namun, versi 3.1, dirilis pada tahun 1997 mendukung kloning individu partisi. Ghost bisa mengkloning disk atau partisi ke disk lain atau partisi atau file gambar. Ghost memungkinkan untuk menulis tiruan atau image ke disk kedua di mesin yang sama, mesin lain dihubungkan oleh sebuah paralel atau jaringan kabel, drive jaringan, atau tape drive.

2. Ghost 4.0 dan 4.1

Versi 4.0 dari Ghost menambahkan  multicast teknologi, mengikuti jejak pesaing, Image Cast . Multicasting  mendukung pengiriman satu cadangan gambar secara bersamaan ke mesin lain tanpa menempatkan lebih besar pada jaringan dibandingkan dengan mengirimkan gambar ke mesin tunggal. Versi ini juga memperkenalkan Ghost Explorer, sebuah Windows Program yang mendukung browsing isi file gambar dan ekstrak file individu dari itu. Explorer kemudian ditingkatkan untuk mendukung untuk menambah dan menghapus file dalam gambar dengan FAT, dan kemudian dengan ext2, ext3 dan NTFS file sistem. Sampai tahun 2007, Ghost Explorer tidak bisa mengedit gambar NTFS. Ghost Explorer bisa bekerja dengan gambar dari versi lama tetapi hanya perlahan-lahan; versi 4 gambar berisi indeks untuk mencari file dengan cepat. Versi 4.0 juga pindah dari modus real DOS ke 286 protected mode. Memori tambahan yang tersedia memungkinkan Ghost untuk menyediakan beberapa tingkat kompresi untuk gambar, dan untuk menyediakan file browser. Pada tahun 1998, Ghost 4.1 mendukung gambar yang dilindungi sandi.
Baca Juga : Cara Mudah Mereset BIOS ( Lupa Pssword )

3. Ghost 5.0

Versi 5.0 pindah ke 386 protected mode. Berbeda dengan user interface berbasis teks dari versi sebelumnya, 5.0 menggunakan antarmuka pengguna grafis (GUI). Binary Penelitian logo, dua bintang berputar di sekitar satu sama lain, bermain di layar utama saat program idle. Pada tahun 1998, gDisk, berbasis skrip manajer partisi, yang terintegrasi dalam Roh. GDisk melayani peran yang mirip dengan Fdisk, namun memiliki kemampuan yang lebih besar.
Ghost untuk NetWare

Sebuah Norton Ghost versi untuk Novell NetWare (disebut 2.0), dirilis sekitar tahun 1999, mendukung NSS partisi (meskipun berjalan di DOS , seperti yang lain).

4. Ghost 6.0 (Ghost 2001)

Ghost 6.0, dirilis pada tahun 2000, termasuk konsol manajemen untuk mengelola sejumlah besar mesin. Konsol berkomunikasi dengan perangkat lunak klien pada komputer dikelola dan memungkinkan administrator sistem untuk me-refresh disk mesin jarak jauh.
Sebagai program berbasis DOS, Ghost membutuhkan mesin yang menjalankan Windows untuk reboot untuk DOS untuk menjalankannya.Ghost 6.0 memerlukan partisi DOS terpisah bila digunakan dengan konsol.

5. Ghost 7.0 / Ghost 2002

Dirilis 31 Maret 2001, Norton Ghost versi 7.0 (retail) dipasarkan sebagai Norton Ghost 2002 Personal Edition.

6. Ghost 7.5

Dirilis 14 Desember 2001, Ghost 7.5 menciptakan partisi virtual, partisi DOS yang benar-benar ada sebagai file dalam sistem file normal Windows.Sistem manajemen secara signifikan berkurang karena pengguna tidak lagi harus mengatur meja partisi sendiri. Ghost 7.5 dapat menulis gambar ke CD-R disc.Versi dapat menulis DVD .
Baca Juga ; 3 Fitur Baru Whatsapp Yang Diklaim Lindungi Privasi Pengguna

7. Symantec Ghost 8.0

Ghost 8.0 dapat dijalankan langsung dari Windows. Hal ini cocok untuk penempatan pada media bootable, seperti BartPE 's CD bootable. Edisi perusahaan mendukung unicast, multicast dan peer-to-peer transfer melalui TCP / IP . Ghost 8.0 mendukung sistem file NTFS, meskipun NTFS tidak dapat diakses dari program DOS.

8. Norton Ghost 2003

Norton Ghost 2003, edisi konsumen Ghost, dirilis pada tanggal 6 September 2002. Tersedia sebagai produk independen, Norton Ghost 2003 juga dimasukkan sebagai komponen dari Norton SystemWorks 2003 Professional. Sebuah sederhana, versi non-korporasi Ghost, Norton Ghost 2003 tidak termasuk konsol tetapi memiliki Windows front-end script operasi Ghost dan membuat Ghost bootable disket. Mesin masih perlu reboot untuk partisi virtual, tapi pengguna tidak perlu berinteraksi dengan DOS. Symantec Live Update usang dukungan untuk Norton Ghost 2003 di awal tahun 2006.

9.  Symantec Ghost Solution Suite 1.0 (Ghost 8.2)

Symantec Ghost 8.2 Dirilis November 15, 2004, Symantec berganti nama menjadi versi Enterprise Ghost Symantec Ghost Solution Suite 1.0.Ini membantu memperjelas perbedaan antara konsumen dan bisnis edisi produk. Hal ini ditetapkan lebih lanjut pada bulan Februari 2006, dengan merilis Norton Simpan Dan Restore (juga dikenal sebagai Norton Backup Dan Restore), aplikasi backup mandiri berdasarkan Ghost 10.0.

10. Symantec Ghost Solution Suite 1.1 (Ghost 8.3)

Ghost Solution Suite 1.1 adalah bundel versi terbaru dari Ghost, Symantec Migrasi Client (alat migrasi data pengguna dan pengaturan) dan bekas setara Power Quest, Deploy Center (menggunakan gambar PQI). Ghost Solution Suite 1.1 dirilis pada Desember 2005. Hal ini dapat membuat file gambar yang lebih besar dari 2 GB. (Dalam Ghost 8.2 atau sebelumnya, file gambar tersebut secara otomatis dibagi menjadi dua atau lebih segmen, sehingga setiap segmen memiliki ukuran maksimum 2 GB.) Fitur baru lainnya termasuk alat-alat produksi yang lebih komprehensif, dan kemampuan untuk membuat "boot yang universal disk ". [ penjelasan lebih lanjut diperlukan ]

11. Norton Ghost 9.0 (termasuk Ghost 2003)

Ghost 9.0 dirilis 2 Agustus 2004. Ini merupakan pergeseran signifikan dalam lini produk konsumen dari Ghost 2003, dalam beberapa cara:
  • Menggunakan basis kode yang sama sekali berbeda, berdasarkan pada Drive Image / V2I Protector produk melalui akuisisi Symantec dari Power Quest
  • Ini adalah program Windows yang harus diinstal pada sistem target.G
  • ambar dapat dibuat ketika Windows sedang berjalan, bukan hanya ketika boot langsung ke mode DOS.
  • Incremental gambar (hanya berisi perubahan sejak gambar terakhir) yang didukung.
  • Membutuhkan Aktivasi Produk untuk berfungsi sepenuhnya.
  • Lingkungan bootable pada Ghost 9 CD hanya berguna untuk pemulihan backup yang ada.Hal ini tidak dapat digunakan untuk membuat gambar baru.
Karena Ghost 9 tidak mendukung format gambar disk yang lebih tua .ghost CD terpisah yang berisi Ghost 2003 termasuk dalam kemasan eceran untuk pengguna perlu mengakses gambar-gambar yang lebih tua.
Baca Juga : Kumpulan Ilmu komputer lainnya
Keterbatasan Ghost 9 dibandingkan dengan Ghost 2003 tidak dikomunikasikan dengan baik oleh Symantec, dan mengakibatkan banyak pelanggan yang tidak puas yang membeli Ghost 9 mengharapkan fitur versi sebelumnya (seperti membuat gambar dari lingkungan Ghost bootable, tidak diperlukan instalasi, dan tidak ada aktivasi produk).

12. Norton Ghost 10,0

Mendukung menciptakan gambar pada CD, DVD, Iomega Zip dan Jaz disk serta IEEE 1394 (FireWire) dan perangkat penyimpanan massal USB. Mendukung enkripsi gambar dan Maxtorhard disk drive eksternal dengan tombol Maxtor One Touch. Ghost 10,0 kompatibel dengan versi sebelumnya, tapi tidak dengan versi masa depan.

13. Norton Simpan Dan Restore 1.0 (Ghost 10.0)

Norton Simpan Dan Restore 1.0, dirilis pada bulan Februari 2006, adalah versi konsumen berganti nama Ghost. Ini digunakan mesin Ghost 10.0, dengan penambahan fitur untuk memungkinkan backup dan pemulihan file individual.

14. Symantec Ghost Solution Suite 2.0 (Ghost 11.0)

Ghost Solution Suite 2.0 dirilis pada November 2006. Versi ini memberikan peningkatan yang signifikan dalam kinerja, serta kemampuan untuk mengedit gambar NTFS. Versi ini juga menambahkan dukungan untuk Windows Vista, x64 versi Windows, dan GUID Partition Table (GPT) disk. Namun, perangkat lunak tidak sepenuhnya mendukung sistem dengan Extensible Firmware Interface (EFI) firmware. Ghost 11.0 mendukung tabungan dan memulihkan dari format Ghost gambar asli (.gho, .ghs) dan gambar mentah (img, .raw).

15. Norton Ghost 12.0

Ghost 12,0 termasuk Windows Vista support dengan user interface diperbarui dan lebih menyeluruh.Ini mendukung kedua backup sistem lengkap dan file atau folder individual cadangan.
Versi ini menyediakan "LightsOut Restore" fitur, yang mengembalikan sistem dari perangkat lunak pemulihan lingkungan on-disk yang mirip dengan Windows kembali , sehingga memungkinkan recovery tanpa CD bootable. Setelah sistem startup, menu menanyakan apakah memulai sistem operasi atau pemulihan lingkungan LightsOut. LightsOut mengembalikan akan menambah image ISO , yang datang dengan Ghost. Yang terakhir berisi lingkungan recovery yang dapat memulihkan sistem tanpa sistem operasi kerja.

16. Norton Save & Restore 2.0 (Ghost 13.0)

NSR 2.0 memiliki fitur yang lebih sedikit dibandingkan dengan Norton Ghost 12. NSR 2.0 menawarkan backup satu kali, berkas dan folder backup, Editor jadwal disederhanakan, integrasi Maxtor OneTouch dan dimodifikasi Symantec recovery disc.Versi ini mendukung 32-bit dan 64-bit versi Windows XP dan Vista.

17. Norton Ghost 14.0

Versi 14.0 menggunakan Volume Snapshot Layanan (VSS) untuk membuat backup dan dapat menyimpan backup ke FTP situs. Hantu dapat terhubung ke Threat Con, layanan Symantec yang memonitor aktivitas malware di seluruh dunia, dan melakukan incremental backup bila tingkat ancaman tertentu tercapai. Fitur lain termasuk kemampuan untuk kembali ke penyimpanan jaringan terpasang perangkat dan dukungan untuk NTFS partisi sampai dengan 16TB. Ghost dapat mengelola instalasi lainnya versi 12.0 atau yang lebih baru di dalam jaringan.
Baca juga : PERSIAPAN SEBELUM PERAKITAN PC : Harus Anda Ketahui
Versi ini tidak lagi mendukung pembukaan .gho file gambar. Yang menyimpan gambar dalam format .v2i.Gambar incremental backup dibuat dengan Norton Ghost disimpan dengan ekstensi nama file .iv2i saja full backup asli (dengan ekstensi nama file .v2i) secara teratur. File gambar .gho tua dapat dikembalikan dengan menggunakan Ghost Explorer, sebuah utilitas yang terpisah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
voucer