--> Skip to main content

Cara Membuat MultiBoot dengan WinSetupFromUSB Terbaru

Membuat bootable flashdisk umumnya diperlukan bagi seorang yang ingin melakukan penginstalan operating system Windows pada PC atau Laptop. dikarnakan sekarang ini biasanya sebuah laptop sudah tidak mempunyai CD Drive pada komponennya.

Oleh karna itu, flashdisk menjadi pilihan Untuk menciptakan bootable, dengan  desainnya yang portable menggunakan dukungan kecepatan transfer data yang relatif cepat, sehingga membuat bootable relatif lebih mudah.

Akan tetapi  pada saat membuat bootable USB flashdisk, yang menjadi kendala  biasanya kamu hanya bisa mengisi satu file ISO untuk dibuat installer OS pada satu flashdisk.

Baca juga : 

Dengan begitu saat kamu akan menginstall OS lain, tentunya kamu wajib  membuat bootable baru dengan menggunakan file ISO tersebut. sehingga akan menghapus file installer OS  yang lama. Hal tersebut tentunya akan sangat merepotkan, apalagi jika kapasitas Flashdisk  yang kamu pakai sebenarnya masih tersisa banyak atau masih mampu menyimpan beberapa file ISO lagi.

Jauh lebih efektif bila kamu mampu mengisi semua file ISO tadi ke dalam satu Flashdisk (Multiboot ) saja bukan ?

Sehingga dengan membuat sebuah Multiboot USB Flashdisk. Selain kamu bisa lebih menghemat biaya untuk membeli USB flashdisk baru, kamu juga akan lebih gampang menggunakannya pada saat akan menginstall beberapa OS, karena sudah tersimpan dalam satu Flashdisk saja.

Apa sih yang di maksud dengan Multi Boot itu ? Multi boot adalah suatu kondisi ketika flashdisk kamu menyimpan lebih dari satu sistem operasi. Misalnya dalam 1 Flasdisk tidak hanya ada file instalasi Windows 7 saja, dengan multiboot ini, akan terdapat file OS (operating system) lainnya. sehingga kamu  bisa membuat banyak file instalasi dalam 1 Flashdisk. jadi tidak perlu ganti” flashdisk untuk instal beberapa jenis OS (operating system).Berikut cara membuat Multi Boot pada flashdisk  !

Cara Membuat MultiBoot dengan WinSetupFromUSB

jadi untuk membuat MultiBoot Flashdisk, kali ini saya akan menggunakan software WinSetupFromUSB, supaya terperinci kita bagi menjadi dua tahap, yaitu tahap persiapan dan tahap pengerjaan. 

Persiapan Membuat  Multi Bootable

  • siapkan Flasdisk minimal 8 GB, bisa di sesuaikan dengan jumlah OS yang akan kamu masukan.
  • laptop / Pc, pastinya untuk kita melakukan projecknya.
  • mentahan OS, yang hendak kita bootable.
  • aplikasi WinSetupFromUSB, untuk membuat multibootnya. silahkan download disini

Membuat MultiBoot dengan WinSetupFromUSB 

  1. pastikan kalian sudah menyiapkan bahan-bahan di atas
  2. masukan Flashdisk ke PC atau leptop anda
  3. Install aplikasi WinSetupnya, dan langsung buka aja.
  4. Di Menu Add To USB Disk di bawah nya ada berbagai macam pilihan, silahkan pilih sesuai OS yang akan kalian boot, misal mau masukan OS Windows 10 / 11 dan linux, silahkan pilih kolom Windows Vista dan Linux ISO (centang kotak di samping kiri)
  5. klik titik 3 yang ada di samping kanan untuk mencari file ISO nya. bisa kalian tandai langsung beberapa misal langsung 3. bisa juga kalian boot satu persatu .
  6. jika sudah, Klik tombol GO untuk membuat Multiboot, tunggu proses sampai selesai muncul Done
  7. selasai, dan sekarang bisa kalian coba misal dengan WInboox

Penjelasan Menu WinSetup

  1. Digunakan Untuk mengetes/ mencoba USB Boot yang telah dibuat
  2. Untuk mengedit file BCD, baik yang langsung dari system maupun dari file BCD yang lain
  3. Menu-menu tambahan yang lebih detail (penggantian bahasa, install grub dos, dll)
  4. Menambahkan instaler Windows XP
  5. Untuk menambahkan File Instaler Windows 7, 8 dalam bentuk .Iso (Image)
  6. Menambahkan File yang berbentuk Win Builder ataupun Bat PE
  7. Menambahkan Instaler Linux ataupun yang competible dengan grub dos
  8. sysLinux Bootsector
  9. memulai pekerjaan
  10. Keluar dari Win setup From USB 1.4

Pesan dan saran membuat MultiBootUSB

Jika kalian ingin menggunakan sesama windows, kalian bisa paka Windows All In One semua versi windows. tapi kalo hanya menambahkan 2 Bootable , misal untuk win 10 dan 11 saja bisa gunakan cara ini.

Baca juga :  

 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
voucer