--> Skip to main content

Penjelasan Melakukan Backup Dan Restore Data

Backup Data 

dalam dunia teknologi innformasi, istilah "backup" berarti membuat duplikat data di tempat lain untuk mencegah kerusakan atau kehilangan data. Proses backup data dapat kita lakukan secara manual dengan cara mengcopy data ke dalam harddisk atau media penyimpanan lain secara manual atau dilakukan secara otomatis oleh sebuah sistem backup terintegrasi, yang akan bekerja sendiri baik dalam keadaan normal maupun dalam situasi genting. 

Dalam sebuah perusahaan, fungsi sistem backup data sangat penting, sehingga diperlukan sebuah perangkat backup yang baik.

Pilihan dan metode yang dapat digunakan untuk membackup data. Sistem operasi misalnya Windows memiliki sebuah utility untuk melakukan backup. Kita juga dapat khusus untuk keperluan ini media yang digunakan untuk menyimpan back up data juga bermacam-macam. misalnya CD atau DVD, hardisk dan sebagainya. Demi alasan keamanan data, back up data biasanya dibuat lebih dari satu dan disimpan di tempat dan media yang terpisah. 

Restore Data

Restore adalah mengembalikan system atau data ke tempat dan keadaan semula. Restore biasanya diperlukan untuk mengambil kembali sistem dan data yang di backup. 

windows memiliki sebuah pictur system restore yang digunakan untuk keperluan restore data. untuk menggunakan fitur Ini kita harus login ke bagian administrator pada sistem tersebut. Untuk menggunakan fitur system restore , klik menu start  >  program  > aksesoris > sistem tools > system restore. 

ya itulah seputar backup dan restore data, semoga bermanfaat. silahkan share jika menurut kalian bermanfaat..!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
voucer