--> Skip to main content

Pengertian dan Jenis-Janis PARTISI HARDISK

JENIS-JENIS PARTISI PADA HARDISK

yaa, sudah lamanya lama, kali baru sempat mosting lagi, dan kali ini saya akan memberikan materi tentang pengertian dan jenis-jenisn partisi hardisk. 

Pengertian Partisi :

Partisi adalah physical section physical section atau struktur pada sebuah hardisk. Di dalam sebuah harddisk dapat dipastikan terdapat sebuah partisi. Masing-masing partisi harus kita format menggunakan file system. Misalnya, windows 98 menggunakan file system Fat32 , linux menggunakan Ext3, atau Windows Server 2003 menggunakan NTFS.

Setelah partisi diformat menggunakan suatu file system kita dapat menginstal sistem operasi misalnya Windows dan Linux di dalamnya, tergantung dengan jenis file system yang kita pilih dan kita rencanakan.

Jenis-jenis partisi :

primary Partition yaitu partisi utama yang digunakan oleh sistem operasi. Jumlah maksimal primary Partition dapat dibuat dalam sebuah harddisk adalah 4 buah.

  1. Extended Partition yaitu partisi utama yang berisi logical Drive. Sebuah harddisk dapat menampung empat partisi utama, atau 3 partisi utama utama plus 1 Extended Partition. Jadi Extended Partition merupakan primary Partition khusus. Status di dalam Extended Partition kita dapat membuat sejumlah logika partisi di dalamnya, sehingga di dalam sebuah hardisk akhirnya kita dapat memiliki lebih dari 4 partisi

  2. Boot Partition yaitu partisi yang digunakan untuk menjalankan file sistem operasi

  3. System Partition. Yaitu partisi yang digunakan untuk menyimpan file-file yang berhubungan dengan setting hardware, misalnya file Ntldr, Osloader, Boot.

  4. Aactive Partition yaitu partisi aktif yang digunakan untuk menjalankan sistem komputer. Partisi aktif umumnya merupakan sebuah primary Partition dalam sebuah hardisk.

sampai disini untuk Pengertian dan Jenis-Janis PARTISI HARDISK semoga bermanfaat mohon maaf atas segala kekurangan

 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
voucer