--> Skip to main content

sejarah singkat system oprasi (so)

sejarah singkat system oprasi (so)


sejarah singkat system oprasi (so)

segala sesuatu selalu ada sebab akibatnya, ya seperti halnya system oprasi yang kita kenal dan ketahui saat ini. semua itu memiliki sejarah bagaimana dan kapan terciptanya. diantara sejaran system oprasi ini terbagi menjadi 4 generasi.

Satu, system oprasi generasi pertama (1955-1965)
pada generasi ini merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik

Perkembangan awal Sistem Operasi masih dilakukan secara manual dalam artian belum muncul adanya Sistem Operasi yang secara otomatis artinya belum mendukung layanan pekerjaan yang dapat dilakukan dalam 1 rangkaian.

Dua, system oprasi generasi kedua (1965-1965)
disini diperkenalkan BPS (Buteh Processing Sistem) yaitu pekerjaan yang dikerjakan dalam satu rangkaian lalu di eksekusi scra berurutan 

Tiga, ystem oprasi  generasi ketiga (1965 - 1970 )
pelayanan system oprasi pada saat ini bisa melayani banyak pemakai, user dan pengguna dapat berkomunikasi lewat terminal secara online ke komputer. system oprasi juga melayani multi user dan multi programing

Sistem Operasi sudah mendukung layanan Multi-User, Multi-Programming dan Batch Proccessing System (Multi-Task).

Empat,
system oprasi genrasi keempat (1970-1980)
system oprasi  pada saat ini memiliki kemampuan yang lebih baik yaitu bisa menyadiri komputer-komputer yang satu dengan yang lainnya.
Di masa ini, sudah diperkenankannya GUI (Graphical User Interface) yang artinya Sistem Operasi memiliki tampilan dan dengan bermodalkan mouse, End-User dapat menjalankan aplikasi/porgram atau piranti lunak.

Lima, Generasi Selanjutnya
Pada generasi selanjutnya diperkenalkan Sistem Operasi yang berada dalam sebuah Sistem Operasi, ini adalah contoh sebuah Sistem Operasi berbasikan Website yang berkerja di dalam sebuah Sistem Operasi. Dan generasi selanjutnya diperkenalkanlah Sistem Operasi bergerak (Mobile) pada perangkat bergerak seperti : PDA, Poket PC, dan lain sebagainya. Di generasi selanjutnya diperkenalkan juga teknologi Sistem Operasi jaringan yang sifatnya virtual, sehingga dalam 1 jaringan hanya diinstal 1 buah Sistem Operasi pada Perangkat yang bertugas menjadi Server. Selain itu, diperkenalkan pula Cross Platform Operating System yang artinya dapat menggabungkan 2 Sistem Operasi berbeda seperti : Linux dan Window

ya, sekian tentang sejarah system oprasi ini. mohon maaf bila ada kesalahan, dan jika kalian pikir bermanfaat silahkan share,,..!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
voucer