--> Skip to main content

Macam-macam perangkat output dan Penjelasannya

Dari sekian banyak penjelasan dan permasalah yang akan di bahas. kali ini mimin akan membahas seputar macam-macam perangkat output tentunya. apasih perangkat output itu..? yang di maksud dengan perangkat output adalah komponen komputer yang berfungsi menghasilkan informasi yang di peroleh dari hasil proses pada komputer, baik itu berupa hurup, gambar, suara ataupun video. sehingga bisa dilihat, didengar, dibaca, dan dipahami oleh manusia. 

Macam-macam perangkat output dan Penjelasannya

Berikut diantara perangkat output yang sering kita jumpai : 

Monitor

Monitor ibarat mata, digunakan untuk melihat  proses kerja yang sedang kota lakukan serta menampilkan hsailnya. Ukuran monitoer yang lazim di gunakan sangat beragam , mulai dari ukuran  11, 15,17,29, hingga ukuran yang lebih besar.

Ada dua monitor jenis monitor yang yang bisa di gunakan.  Yaitu monitor biasa (CRT) dan monitor (LCD). Monitor CRT (Cathode Ray tube ) adalah monitor yang mengunakan tabung , seperti tabung tabung televisi, monitor jenis ini relatif lebih besar dan berat. Sedangka monitoe jenis LCD umumnya memliki ukuran yang lebih tipis, ringan, dan ringkas. Namun harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan monitor  CTR.

Printer

Alat yang di guanakan untuk mencetak teks,  gambar,  dan berbagai macam dokumen dari komputer. Jenis printer sangatberagam, tergantung teknis percetakan dan jenis interface yang di gunakan . berbagai jenis teknologi dan bahan yang digunakan untuk mencetak. Terdapat 3 jenis printer yang umum digunakan, yaitu printer dot matrix, printer injek, dan printer laser

Plotter

Namanya memang sedikit asing bagi para pengguna komputer rumah. Pada dasarnya plotter juga merupakan printer, namun memiliki kemampuan cetak yang lebih besar dan panjang, misalnya kertas roll. Itulah sebabnya plotter sering disebut juga sebagai wide format printer.

Penggunaan plotter paling banyak dijumpai pada berbagi perusahaan jasa konstruksi, perusahaan minyak dan jasa pengeboran, perusahaan pemetaan, perusahaan periklanan, atau perusahaan perstakan yang besar yang membuatuhkan media yang sangat besar. Contoh hasil dari percetakan plotter antaralain ; bender, peta, arsitektur dan lain-lain.

Speaker

Speaker bukanlah hal yang asing lagi, speaker yang digunakan pada komputer sama dengan speaker yang umum digunakan untuk keperluan lain. Bedanya, speaker untuk komputer umumnya memiliki jack yang berukuran lebih kecil, sesuai dengan port audio –in soundcard pada komputer. Jika ingin menggunakan speakr biasa yang umumnya memiliki jack yang lebih besar harus menggunakan sejenis komverter  jack, dari ukuran besar ke kecil.

Speaker untuk komputer sering di sebut pula dengan multimedia speaker memiliki beragam jenis, merk, model , mulai dari yang sederhan sampai yang sangat bagus.  Beberapa contoh speaker multimedia yang sering digunakan, antara lain simbadda, altec lansing, sonicgear A200, creative dan lain lain.

yah, mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya mohon di maafkan. dan silahkan comment untuk bertanya..!! 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
voucer