--> Skip to main content

Cara Mudah Mereset BIOS ( Lupa Pssword )

BIOS memiliki peranan yang cukup penting bagi sebuah komputer. Sebuah setting dasar yang berkaitan deangan hadware diatur dan disimpan didalam BIOS. Pada beberapa jenis BIOS versi terbaru biasanya memiliki fitur keamanan berupa penyedia password-baik bagi ‘supervisor’ atau ‘user’ demi alasan keamanan. Permasalahannya, bagaimana seandainya suatu saat anda lupa password tersebut.? Apakan tetap dapat masuk dan mengatur seting BIOS.?

Tidak bisa ! password BIOS memang sangat kejam, ya.? Inilah pelajaran berharga bagi kita: jangan sembarangngan menggunakan password. Gunkan password yang mudah kita ingat mamun tidak gampang ditebak oleh orang lain. Dan jika tidak benar-benar penting sebaiknya tidak perlu menggunakan password.Terus bagaimana cara lain masuk ke setting BIOS .? yaitu dengan cara mereset password BIOS, sebagi berikut :

Cara mudah mereset BIOS

  1. Pastikan komputer kita dalam keadaan mati
  2. Lepaskan kabel power dari komputer
  3. Buka casing komputer
  4. Ambillah battery BIOS- mirip dengan jam tangan, mengunakan tangan secara perlahan, jika aga susah, gunkan pingset atau alat bantu lainnya untuk mengeluarkannya. Secara perlahan.
  5. Tunggulah beberapa saat kemudian pasang kembali battery pada posisi semula. Kesalahan memasang battery dapat mengakibatkan kerusakan
  6. Pasang kembali kabel power pada komputer dan nyalakan
  7. Pada saat proses booting sedang berlangsung, tekan tombol untuk masuk ke BIOS.    

Perhatikan : Pada tahap ini, setting BIOS telah di reset sehingga harus di setting ulang secara manual sesuai dengan seting semula, cara lain , kita dapat menggunakan pilihan menu load fail-safe defaults untuk mengembalikan setting BIOS sesuai parameter yang standar/ normal, atau load optimized defaults untuk mengatur setting BIOS sesuai parameter yang optimal

Bila telah selesai, tekan tombol F10 untuk menyimpan settingnya dan merestar komputer. Selamat, komputer normal kembali

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
voucer