--> Skip to main content

Pengertian dan Perbedaan INTERNET dan INTRANET

kata internet bukanlah hal yang asing lagi, apalagi di jaman yang serba internet ini. tapi lain berbeda dengan kata intranet, mungkin sebagian orang sudah pada dengan dengan namanya. tapi saya rasa untuk penjelasannya banyakan yang tidak tahu dah. nah di blog ini saya akan berikan penjelasan dan perbedaan keduannya.

Pengertian dan perbedaan internet dan intranet

Pertama : Internet adalah gabungan jaringan –jaringan komputer di seluruh dunia dan merupakan rangkaian komputer terbesar di dunia. Internet merupakan singkatan dari “interconnection networking ” yang berarti jaringan komputer yang saling terhubung antara yang satu dengan komputer lain.

Definisi internet menurut teori, internet merupakan hubungan antara jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem oprasi maupun aplikasinya dimana hubungan tersebuat memanfaatkan kemajuan median komunikasi (telepone , satelit dll) yang menggunakan protokol setandar dalam berkomunikasi yanitu protokol TCP/IP.

TCP/Ip memiliki fungsi umum yaitu mengirimkan dan pengetur paket-paket dalam pengiriman data, memilih rute terbaik dalam trenmisi data dan memberi rute alternatif ketika ada rute yang tidak bisa di gunakan. adapun fungsi khususnya TCP berfungsi untuk memastikan semua hubungan antar jaringan berjalan dengan benar dan IP berfungsi untuk mentranmisikan data antar komputer

Kedua :Intranet adalah jaringan berupa komsep LAN yang mengadopsi teknologi internet dan mulai di perkenalkan pada akhir tahun 1995 . intranet adalah sebuah jaringan private (private networking) yang mengunakan protokol-protokol internet (TCP/IP) digunakan untuk berkomunikasi dan bertukar menukar informasi dalam lingkungan tertentu atau terbatas misalnya dalam lingkungan sebuah kantor , sekolah atau kampus. intranet menggunakan semua protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya, serta kelayen dan juga server. komponen protokol yang sering di gunakan adalah protokol HTTP dan beberapa protokol internet lainnya (SMTP, FTP, atau POP3)

Perbedaan internet dan intranet

  1. Tujuan dari proses komunikasi yang di jalankan
  2. Lingkungan akses dan jangkauannya
  3. Metode / teknologi yang di gunakan untuk proses komunikasi

itu dia perbedaan internet dan intranet yang bisa kami sampaikan. semoga bermanfaat....!!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
voucer