--> Skip to main content

Pengertian dan Fungsi Elco (Elektrolit Condensator) serta Jenisnya

Assalamualikum Wr. Wb
hai apakabar sahabat Malbra News..? kali ini saya akan berbagi pengertian dan fungsi elco. yapp, ini adalah materi elektronika tapi saya rasa hal ini jug harus kita ketahui sebagai anak komputer, dikarnakan semuanya masih bersangkut. ok langsug saja mari kita bahas. 

Pengertian dan Fungsi Elco (Elektrolit Condensator) serta Jenisnya

Pengertian Elco (Elektrolit Condensator)

Elco (elektrolit condensator) adalah jenis kapasitor yang memiliki dua kutub pada kaki-kakinya. Kapasitor ini juga biasa disebut dengan kapasitor polar.

Jadi untuk pemasangan kapasitor elektrolit atau elco ini tidak boleh sampai terbalik. Sebab kaki satu dengan kaki yang lain berbeda. Sebuah elco memiliki dua kaki, yakni kaki (-) dan kaki (+). Anda bisa menemukan elco ini dengan mudah pada rangkaian-rangkaian elektronika seperti power supply, dan masih banyak lagi yang lain.

Setiap elco memiliki tegangan yang berbeda-beda. Biasanya pada bodynya tertulis batas tegangan maksimalnya. Jika tegangan yang mengalir ke elco melebihi batas, maka kemungkinan elco tersebut akan rusak dan bahkan meledak. Jadi sebaikny anda perhatikan baik-baik dalam menggunakan komponen elektronika yang satu ini.

Jenis-jenis Kapasitor

Kapasitor adalah salah satu komponen elektronika pasif yang digunakan di hampir semua rangkaian elektronika baik yang sederhana sampai dengan yang rumit. Tak heran memang karena kapasitor adalah salah satu komponen yang sangat penting.
  • Berdasarkan bentuknya

Jika diperhatikan dari bentuknya, kapasitor atau yang juga sering disebut dengan kondensator ini memiliki beberapa macam, mulai dari yang memiliki bentuk tabung sampai dengan yang memiliki bentuk pilih. 
  • dilihat dari bahannya

Sedangkan jika dilihat dari bahannya, kapasitor terdiri dari beberapa jenis seperti kapasitor mika, kertas, keramik, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • berdasarkan nilainya

Selain itu kapasitor juga terbagi atas dua jenis, yakni kapasitor tetap dan kapasitor variabel. Kapasitor tetap adalah kapasitor yang nilai kapasitansinya tidak dapat dibuah-ubah. Sedangkan kapasitor variabel adalah kapasitor yang nilai kapasitansinya dapat diubah-ubah. Satuan nilai dari kapasitor sendiri adalah Farad (F).
  • berdasarkan typenya

Kapasitor elco di bagi jadi 2 type, yakni kapasitor polar dan kapasitor bipolar / non polar. Pembagian ini didasarkan pada polaritas ( kutub positif dan negatif ) dari masing-masing kapasitor.

Fungsi Elco (Elektrolit Condensator)

Fungsi elco juga bisa di sebut sebagai penyimpan arus listrik searah dc. Rangkaian elco biasanya di gunakan dalam rangkaian apa saja, misalnya pada power supply regulator dan rangkaian lainnya.

Namun pada prakteknya, elco memiliki fungsi yang sangat beragam mulai dari sebagai filter atau penyaring, sebagai kopling, penghemat daya listrik, sampai dengan pembangkit frekwensi. Tak heran jika elco dapat ditemukan di hampir semua jenis rangkaian elektronika

yapp itu dia yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat, diharapkan setelah kalian membaca ini. temen temen bisa memahami apa itu Elco, fungsi dan jenis jenisnya. semoga bermanfaat..! sampai jumpa..!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
voucer