--> Skip to main content

Macam-Macam Perangkat Proses dan Pengertianya

Perangkat proses dalam komputer merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk memproses & mengolah data yang diberikan perangkat input lalu di keluarkan dalam bentuk informasi ke pada perangkat output yang akan diterima oleh user. adapun macam-macam/ jenisnya sebagi berikut..!!

1.Motherboard

Motherboard atau mainboard merupakan sirkuit utama pada sebuah cpu yang menjadi tempat pemasangan prosesor , memori  dan pheriferal-periferal lainya. Atau lebih singkatnya matherboard adalah induk dari semua device komputer, itulah sebabnya di sebut dengan motherboard. Fungsinya sebagai penghubung antara device yang satu dengan yang lainnya.

Jenis-jenis motherboard sangatlah beragam, tergantung pada jenis prosesor, jumlah slot memory, jumlah slot PCI dan jumlah port serta jenis perangkat pendukung yang tersedia. Ketika kita membeli sebuah motherboard atau ingin merakit sendiri sebuah komputer. Pastikan motherboard yang sesuai dengan jenis prosesor yang akan di gunakan.

(baca juga : cara upgrade RAM)

2.Memori

Dalam sebuah komputer biasanya terdapat memory. Fungsinya untuk mengimpan program dan data yang sedang di gunakan sementara waktu sehingga dapat menigkatkan kinerja aplikasi yang sedang digunakan saat itu.

Dalam setiap komputer terdapat memori utama-atau RAM (Random Acces Memory) yang di gunakan untuk menyimpan data sementara pada saat program atau aplikasi yang berjalan, sebelum disimpan dalam harddisk. Isinya dapat di akses dalam waktu yang tetap tidak mempedulikan letak data tersebut dalam memory.

(baca juga : Bagian-bagian BIOS)

3.Processor

Processor murupkan ‘otak ’ dan komponen utama dalam sebuah CPU (Central Processing Unit) yang menerjemahkan perintah program serta memproses data dalam komputer. Bentunknya mirip dengan chip atau IC.

Jenis-jenis processor yang ada saat ini bermacan-macam , tergantung jenis dan produsennya. Salasatu yang terkenal adalah intel dan AMD.

(baca juga : cara memilih motherboard)

4.Storage

Storege artinya media penyimpanan, jenis-jenis storage sangat bermacam-macam, tergantung media dan teknologi yang di gunakan. Misalnya optical storage, magnetic storage, magneto storage, dan sebagainya.

Storage juga dapat di artikan sebagai sebuah sistem penyimpanan dan beckUp data yang terintegsasi. Misal network storage atau sever husus yang di gunakan untuk menympan dan membackup data yang ada dalam sebuah jaringan komputer. (informasi lengkap tentang media penyimpanan)

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
voucer