--> Skip to main content

Macam-Macam Perangkat TAMBAHAN Pada PC

PERANGKAT TAMBAHAN PADA PC

hi teman-teman selamat datang kembali di blog Malbra News, kali ini saya akan membagikan postingan tentang perangkat tambahan pada pc. ingat ! ini pada pc bukan perangkat tambahan pada mainboard/motherboard. kalau begitu selamt menyimak deh. 

Tiga Perangkat Tambahan Pada Personal Computer (PC) :

Power supply

Power supply atau PSU (Power Supply Unit)- berbentuk kotak, memiliki satu atau beberapa kipas pendingin, serta sejumlah kabel power yang di hunbungkan dengan mainboard, HARDISK, CDROOM, DVDROOM, dan peralatan lain yang membutuhkan pasokan listrik. Sesuai namanya, power supply merupakan komponen utama komputer yang bertugas memasok tenega listrik.

Jenis powesupply sangat beragam, tergantung kapasitas daya maksimal yang dapat di hasilkan. Power supply setandar umumnya memiliki 300-350 whatt adapula yang memiliki daya besar , misal 500 whatt. Semakin tinggi sepesipikasi hadware komputer serta device yang digunakan dalam sebuah komputer atau CPU, maka diperlukan power supply dengan daya yang lebih besar. Pilihlah power supply yang memiliki daya yang lebih besar, hal ini diperlukan jika suatu saat perlu melakukan upgrade, atau menambah device baru, listrik yang dipelukan tetap dapat terpenuhi dengan baik.

Casing

Casing komputer di sebut pula chassis, cabinet, tower, box, atau housing adalah sebuah kotak tempat untuk memasang mainboard dan perangkat lainnya dalam CPU. Casing terdiri atas rangka/ casing, tutup, dan powersupply.

Casing yang baik idealnya adalah yang terbuat dari bahan yang cukup teabal. Tidak seperti casing low-and yang marak di pasarkan saat ini, sehingga mampu menompang semuan kinerja perangkat didalamnya dengan baik. Memiliki power supply yang dapat memasok daya yang baik, serta tetap meperhatikan aspek keamanan, kenyamanan, dan fungsional yang baik.

Kualitas cesing merupakan fokus utama dalam memilih casing yang baik. Sedangkan tampilan atau model casing bisa jadi pertimbangan yang berikutnya.

UPS dan stabilizer

UPS hakekatnya adalah batray yang dapat menyimpan daya listrik dalam kapasitas tertentu. Pada saat kondisi normal, UPS dan komputer mendapatkan pasokan lintrik langsung dari PLN. Ketika listrik padam , UPS bekerja secara otomatis yang di tandai denga bunyi bip berulang-ulang dalam waktu tertentu. Komputer akan mendapatkan pasokan listrik dari UPS dan tetap dapat di gunankan umumnya hingga 10/15 menit, tergantung kapasitas batrainya. Meskipun tetap dapat digunkan dalam kondisi darurat seperti ini komputer harus segera di matikan, tentu saja dengan prosedur shutdown normal.

Cadangan listrik yang tersisa dapat diketahui dari bunyi bip pada UPS. Semakin cepat intervalnya berarti cadangan listrik semakin menipis. Fungi UPS mirip sekali dengan lampu darurat (emergency lamp) ketika keadaan normal, lampu tersebut menyimpan cadangan listrik. Ketika listrik padam, lampu tersebut akan menyala secara otomatis menggunakan daya listrik yang telah disimpan sebelumnya.

Ups jenis tertentu biasanya memiliki fungsi tambahan sebagai stabilizer. Jika mengunanakan UPS biasa pertu tambahan stabilizer tersendiri. Stabilizer digunakan untuk menstabilkan tegangan listrik yang masuk ke komputer. Teganagn listrik yang tidak setabil dapat mengakibatkan kerusakan komponen komputer dan perangkat yang lain. 

ya, terimakasih sudah berkunjung, mohon maaf bila ada kesalahan dalam pengetikan. silahkan comment dan semat menunggu unutuk artikel selanjutnya. share jika bermanfaat...!!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
voucer